Siapakah Giorgio Armani?

Siapakah Giorgio Armani?

                Giorgio Armani dinobatkan sebagai salah satu desainer tersukses dengan pendapatan 135 juta dolar Amerika pada tahun 2000 oleh majalah Forbes. Armani kecil pernah bercita-cita untuk menjadi seorang dokter, dan meski sempat mengenyam pendidikan medis di University of Bologna, ia memutuskan untuk tidak meneruskan jalan karir kedokteran karena keengganannya melihat darah. Sesudah itu Armani sempat meniti karir sebagai fotografer dan juga mengikuti wajib militer, sebelum pada akhirnya ia memutuskan untuk melangkah dalam bisnis fashion.

                Salah satu langkah awal Giorgio Armani dalam dunia fashion adalah dengan menjadi asisten untuk desainer terkenal Nino Cerutti, yang kemudian dilanjutkannya dengan bekerja untuk label besar lainnya pada waktu itu seperti Zenga dan Ungaro. Armani pun memutuskan untuk membuat labelnya sendiri setelah dirasa telah memiliki cukup pengalaman pada tahun 1975, ketika ia dan rekannya, Sergio Galeotti membuka lini produk pakaian pria di Milan dengan nama Giorgio Armani S.p.Adan pada tahun 1976 menyusul membuka cabang ke fashion wanita.

                Label desain Giorgio Armani mulai merambah ke pasar Amerika Serikat pada tahun 1980 ketika hasil rancangannya dikenakan oleh aktor Richard Gere dalam film yang berjudul American Gigolo. Setelahnya, pakaian Armani makin banyak digunakan dalam berbagai produksi film besar, salah satunya dalam film The Untouchable dimana seluruh pemeran mengenakan pakaian hasil rancangan Armani.Dalam film-film yang menggunakan pakaiannya, Armani selalu dikreditkan dalam layar pembukaan atau penutupan.Pakaian rancangan Armani dikenal memiliki tampilan bersahaja namun tetap terasa mewah. Salah satu aturan utama dalam rancangannya adalah menonjolkan keanggunan dari sesuatu yang sederhana dan tidak rumit.

                Brand Armani berekspansi dengan cepat pada awal tahun 1980-an, menyuguhkan berbagai macam variasi koleksi seperti jeans, pakaian dalam, aksesori, dan melakukan kerjasama dengan L’Oreal yang menghadirkan produk kecantikan dan parfum. Giorgio Armani Beauty memperkenalkan Armani For Women pada tahun 1982 serta Armani For Men pada tahun 1984. Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti ACQUA DI GIO HOMME, ACQUA DI GIOA ESSENZA, ARMANI BLACK MAN CODE,ARMANI SI, serta EMPORIUM DIAMONDS ELLE. Itu menunjukkan bagaimana Armani telah menjelma dari seorang perancang busana, menjadi sebuah brand yang dikenal oleh seluruh orang di dunia.

Scroll To Top