Sejarah Parfum Dari Masa Ke Masa (1)

Sejarah Parfum Dari Masa Ke Masa (1)

Tahukah Anda kalau parfum sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu, jauh sebelum peradaban modern yang kita tahu sekarang ini.

Parfum pertama kali digunakan oleh orang Mesir sebagai bagian dari ritual keagamaan mereka. Dua metode utama yang kiranya digunakan pada saat ini adalah pembakaran dupa dan penerapan balm dan salep. Pada awalnya, minyak wangi yang dipakai langsung pada kulit ini disimpan dan digunakan khusus pada ritual keagamaan, seperti upacara pembersihan. Dan lalu pada era Kerajaan Baru sekitar tahun 1580 SM, penggunaan parfum lebih diekspansi dan diterapkan pada festival-festival. Perempuan Mesir pada waktu itu juga memakainnya sebagai bagian dari peralatan mandi serta kosmetik.

Penggunaan parfum kemudian menyebar ke Yunani, Roma, dan dunia Islam. Komunitas Islam lah yang pada waktu itu secara intensif memakai dan menyebarkan minyak wangi ke penjuru dunia. Kejatuhan Kekaisaran Romawi sempat membuat pengaruh parfum berkurang, namun titik balik muncul saat memasuki abad ke-12 dimana perdagangan minyak wangi menjadi aktif kembali.

Pengaruh dan penggunaan parfum kembali memasuki jaya pada abad ke-17. Sarung tangan wangi menjadi salah satu komoditas populer di Perancis pada tahun 1656, dan pada waktu itu juga terbentuklah serikat pembuat sarung tangan dan minyak wangi, seiring dengan pertumbuhan parfum di Perancis. Pengadilan yang dipimpin oleh Louis XV bahkan menamakan dirinya 'pengadilan wangi' karena aroma yang ditimbulkan oleh parfum tak hanya dikenakan pada kulit saja, melainkan juga pada pakaian, kipas, dan furnitur. 

Lantas memasuki abad ke-18, perkembangan wewangian mengalami kemajuan revolusioner dengan penemuan eau de cologne. 

to be continued...

Komentar

* Nama:
* E-mail:
* Komentar:
Captcha

Scroll To Top