Apa Itu Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes Pada Parfum?

Apa Itu Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes Pada Parfum?

Sama seperti rangkaian nada-nada indah yang diperlukan untuk membuat sebuah lagu dan berbagai warna yang bersatu padu menjadi satu lukisan indah, komposisi aroma yang disebut notes sangat diperlukan untuk dapat membuat parfum. Secara keseluruhan, ada tiga tingkatan notes yang ketika dicampur bersama akan menciptakan identitas parfum itu sendiri, meski masing-masing note tersebut memiliki tujuan utamanya sendiri.

 

Top Notes

                Top Notes dalam musik diibaratkan sebagai intro lagu, atau appetizer dalam sebuah sesi fine dining di restoran, alias notes pembuka yang siap menyapa Anda masuk dalam nuansa yang disediakan oleh parfum tersebut. Pada umumnya top notes bersifat paling ringan dari dua lainnya, dan dapat Anda rasakan pada saat parfum disemprotkan. Top Notes juga merupakan note pertama yang memudar oleh karena struktur molekulnya yang ringan, tapi hal tersebut tak mengurangi peran pentingnya dalam membentuk aroma parfum.

                Top Notes pada parfum mewakili pandangan serta impresi pertama. Berapa kali Anda pernah mencoba aroma parfum hanya untuk dikecewakan pada saat itu juga? Karena Top Notes tak memberi kesan yang abadi untuk Anda. Perlu dicatat bahwa Top Notes tak hanya sukses dalam memikat Anda untuk pertama kalinya, namun juga bertindak sebagai transisi yang begitu smooth langsung kepada atraksi utama yang ditawarkan oleh sebuah parfum.

                Top Notes yang umum dijumpai adalah kelompok sitrus (lemon, bergamot), buah-buahan (berry, grapefruit), dan herbs (clary sage, lavender).

 

Middle Notes

                Middle Notes atau lebih manis bila disebut Heart Notes memanifestasikan dirinya setelah Top Notes habis menguap. Inti dan jantung dari aroma parfum diciptakan oleh Middle Notes, mereka adalah hidangan utama, atau bagian refrain pada sebuah lagu. Mereka bertahan lebih lama dibandingkan Top Notes dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap Base Notes yang akan segera datang menyusul. Heart Notes biasanya merupaka kombinasi dari tone buah-buahan dan bunga-floral, serta terkadang diberikan campuran aroma eksotis seperti kayu manis, pala, dan kapulaga.

        

 

Base Notes

                Base Notes merupakan hidangan penutup dari rangkaian perjalanan aroma yang sungguh menggetarkan jiwa ini. Base Notes berbaur dengan Heart Notes untuk menciptakan satu keutuhan aroma yang menjadi identitas parfum tersebut. Tujuan utama dari Base Notes adalah untuk memberikan kesan yang tahan lama, jika tak mau dibilang abadi. Campuran yang ada didalamnya menempel lama pada kulit dan pakaian selama berjam-jam setelah Top Notes hilang menguap.

                Notes yang umum dijumpai pada bagian ini adalah bahan yang pastinya sudah sering Anda dengar seperti cedarwood, sandalwood, vanilla, amber, patchouli, oakmoss dan musk.

 

Akhir kata ada hal yang dapat kita pelajari dari para Notes ini. Mereka semua berbeda dan mewakili tujuan masing-masing, namun tanpa kombinasi ketiganya, parfum yang Anda kenal saat ini takkan memiliki daya pikat yang sama seperti sebelumnya. Saat mereka bertiga hadir bersamaan, terciptalah keindahan yang membuat Anda terbang melayang ke pangkuan angan yang teduh dan tentram.

Cheers!

Komentar

* Nama:
* E-mail:
* Komentar:
Captcha

Scroll To Top